Monday, October 11, 2010

Sekilas Mengenai Jurudata WinPac v.3.0 (dan masalah yang kutemui :p)

Tiga bulan lalu tepatnya, saya memutuskan untuk pindah kerja ke pulau dewata, tepatnya ke sebuah resort milik saudara seorang sahabat baik saat kuliah. Disini juga saya dihadapkan pada tantangan untuk mempelajari beberapa aplikasi yang saya masih belum pernah coba. Antara lain ya.. WinPac v.3 produk dari Jurudata Services Sdn Bhd dari Malaysia.

Apa sih sebenarnya aplikasi WinPac ini?

WinPac adalah aplikasi menajemen telepon yang mencatat detail setiap penggunaan telepon ke luar (lama, no tujuan, tarif, dll). WinPac memiliki fitur manajemen billing juga, dimana kita bisa mengatur tarif telpon untuk group pengguna yang berbeda. Misal: group internal -> tarif normal ; group tamu -> tarif normal + 20%.

Fitur yang paling penting dari WinPac adalah menghubungkan PABX ke aplikasi lainnya (dengan catatan aplikasi lain tersebut support untuk berinteraksi dengan aplikasi lain).

Di kantor saya, WinPac terhubung dengan aplikasi Fidelio. Cara kerjanya secara singkat sebagai berikut :

WinPac ------>interface jurudata -----> interface fidelio ----->Fidelio Front Office

  1. WinPac disini akan merecord jika ada yang menggunakan telpon keluar
  2. Kemudian akan dihitung menurut tarif yang kita setting
  3. Data tersebut akan dikirim ke Fidelio/aplikasi lain via interfacenya WinPac (kirim = bersifat aktif)
  4. Interface Fidelio yang bersifat sebagai listener/pasif akan menerima data dari interfacenya WinPac dan memasukkan data billing ke profile tamu berdasarkan extension telpon di kamar tamu tersebut.
  5. Pada saat tamu cek out, di rincian tamu akan muncul tagihan telpon tersebut
Dan ini adalah berbagai permasalahan yang saya temui dan masih saya raba-raba solusinya

  1. Data dari WinPac yang masuk ke aplikasi Fidelio tidak valid sehingga ada tamu yang tidak menggunakan telpon tapi di billnya ada tagihan telpon. Sangat menimbulkan kontroversi, hehe.
  2. Record log yang kadang2 tidak bisa dibuka
 Kira-kira itu gambaran awal dari WinPac Jurudata yang saya pahami sampai saat ini. Maklumlah newbie :D

Selanjutnya akan saya post juga hasil 'raba-raba' dan 'kebersamaan' dengan aplikasi ini :)

Kalau lagi nggak males nulis...hehehe

No comments: